SILABUS KURIKULUM 2013
REVISI 2016
A. Kelas I
Tema 6 :
Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.
Alokasi Waktu : 104 jam
pelajaran
Mata
Pelajaran dan Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
|
|
1.1 Menerima gambar (bintang
segi
2.1 Bersikap positif terhadap gambar pada lambang
negara “Garuda Pancasila”
3.1 Memahami gambar pada lambang negara “Garuda
Pancasila”
4.1
Menceritakan gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
1.2 Menunjukkan sikap mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
2.2. Melaksanakan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
1.4 Menunjukkan
sikap kerjasama dalam suasana keberagaman di rumah
2.4 Bekerjasama dalam keberagaman di rumah
3.4
Menggambarkan bentuk kerja sama dalam
keberagaman di rumah
4.4 Menceritakan pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
|
·
Simbol Garuda Pancasila
·
Aturan yang berlaku di rumah
·
Bentuk kerjasama di rumah
|
Subtema 1:
Lingkungan Rumahku ( 26 jam pelajaran)
·
Menyanyikan lagu dengan tema
lingkungan rumahku ( misalnya lagu
Kebunku) dengan percaya diri
·
Menemukan ungkapan terima
kasih pada teks tentang aturan yang berlaku di rumah.
·
Mengucapkan ungkapan terima
kasih
·
Membaca
teks berisi perintah dan melakukan sesuai isi perintah
·
Menggunakan ungkapan perintah
dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
·
Mempraktikkan perintah dan
peragaan berbagai gerak mengayunkan tangan dari depan ke belakang,
mengayunkan tangan ke samping, memutarkan tangan melalui samping badan,
menarik dan mendorong kedua tangan yang akan dipelajari.
·
Menemukan ungkapan teks yang
berisi tentang perintah bentuk kerjasama di rumah
·
Mengidentifikasi berbagai
bangun datar
·
Menyusun berbagai bangun
datar ( persegi) untuk membentuk pola pengubinan monohedral
·
Menyanyikan lagu dengan tema
lingkungan rumahku ( misalnya lagu
menanam jagung )
·
Bermain peran tentang ungkapan
terima kasih dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
·
Mempraktikkan berbagai variasi
pola gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor dan memberikan perintah sesuai
dengan gilirannya.
·
Mengidentifikasi ungkapan
pada teks bacaan yang berisi perintah
·
Mengamati
berbagai bentuk pola pengubinan yang disusun dari persegi atau segitiga sama
sisi atau bangun datar beraturan
·
Melakukan pola pengubinan
dengan bangun datar (persegi) secara monohedral
·
Membacakan hasil pola
pengubinan dengan bangun datar persegi secara monohedral
·
Menceritakan pengalaman
kerjasama dalam keberagaman di rumah
·
Menemukan ungkapan terima
kasih dari cerita pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
·
Melakukan kerjasama dalam
pola pengubinan dengan bangun datar (persegi) secara monohedral.
Subtema
2 : Lingkungan Sekitar Rumahku (26 jam
pelajaran)
·
Membaca nyaring teks yang
berkaitan dengan Lingkungan Sekitar
Rumahku
·
Menemukan ungkapan ajakan
pada teks tentang Lingkungan Sekitar Rumahku
·
Mengucapkan kalimat ajakan tentang Lingkungan Sekitar Rumahku
·
Meragakan
gerak anggota tubuh melalui tari
·
Membaca
teks berisi ajakan dan melakukan sesuai konteksnya
·
Menggunakan ungkapan ajakan
dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
·
Mempraktikkan
gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/
dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
·
Menemukan ungkapan teks yang
berisi tentang ajakan bentuk kerjasama di lingkungan sekitar rumah
·
Mengidentifikasi berbagai
bangun datar segitiga sama sisi yang dapat membentuk pola pengubinan dihedral
· Menemukan pola
pengubinan dari bentuk persegi atau segitiga
sama sisi
·
Menyusun berbagai bangun
datar persegi panjang dan segitiga siku-siku untuk membentuk pola pengubinan
dihedral
·
Bermain peran tentang ungkapan
tolong dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
·
Meragakan gerak anggota tubuh
sesuai peran
·
Mempraktikkan berbagai variasi
pola gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor dan memberikan perintah sesuai
dengan gilirannya.
·
Mengidentifikasi ungkapan
pada teks bacaan yang berisi ungkapan tolong
·
Melakukan pola pengubinan
bangun datar persegi panjang dan segitiga siku-siku secara dihedral.
· Melanjutkan pola
pengubinan dari beberapa bangun datar
·
Menggambar bentuk pola
pengubinan bangun datar persegi , persegi panjang dan segitiga siku-siku
secara dihedral
·
Menceritakan pengalaman kerjasama
dalam keberagaman di rumah
· Menemukan
ungkapan tolong dari cerita pengalaman kerjasama dalam keberagaman di rumah
· Menyajikan berbagai bentuk pola pengubinan yang disusun
dari persegi, atau segitiga sama sisi
Subtema 3: Lingkungan Sekolahku (26 jam pelajaran)
·
mengamati gambar burung
Garuda Pancasila
·
mendengarkan guru membaca
teks pemberitahuan tentang Pancasila
·
menirukan guru membaca teks
Pancasila
·
membaca sila ketiga Pancasila
·
mengamati simbol sila
ketiga Pancasila
·
mengamati ciri-ciri simbol
sila ketiga Pancasila
·
menyebutkan ciri-ciri simbol
sila ketiga Pancasila
·
membuat karya ekspresi dua
dimensi dengan mewarnai gambar Garuda
·
mengamati teks bacaan tentang pemberitahuan kerja bakti di
sekolah
·
Menunjukkan ungkapan
pemberitahuan secara lisan atau tulisan dengan tepat yang tedapat pada
teks/gambar di Lingkungan Sekolah
·
Menemukan kalimat
pemberitahuan pada teks tentang pengalaman di sekolah yang ada kaitannnya
dengan sila ketiga
·
Mempraktikkan pemberitahuan
dan peragaan berbagai gerak melangkahkan kaki ke depan, belakang, samping
kiri/kanan, mengkoordinasikan mengayunkan tangan dan melangkahkan kaki yang
akan dipelajari.
·
Mengamati teks gambar tentang
permintaan maaf seorang anak ketika berbuat salah.
·
menyebutkan keadaan
lingkungan di sekolahku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
·
menemukan kalimat permintaan
maaf pada teks tentang lingkungan di
sekolahku yang ada kaitannnya dengan sila ketiga Pancasila
·
menyebutkan kembali kalimat
permintaan maaf pada teks lingkungan di sekolahku
·
Mengukur panjang benda satuan
tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret di lingkungan sekolahku.
·
mengamati teks yang terdapat
ungkapan pemberitahuan Jum’at Bersih lingkungan sekolahku
·
mengucapkan ungkapan
pemberitahuan dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan
·
menuliskan kalimat
pemberitahuan tentang lingkungan sekolahku
·
Membuat
karya ekspresi kolase dua dimensi yang berhubungan
dengan lingkungan sekolahku
·
Mempratikkan prosedur gerak
dasar senam sesuai irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas
gerak berirama.
·
Bermain peran tentang
pemberitahuan kegiatan di lingkungan sekolahku
·
Menuliskan kalimat ungkapan
pemberitahuan yang terdapat dalam bermain peran di lingkungan sekolah
·
Mengukur panjang benda satuan
tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret di lingkungan sekolahku.
· Mengamati berbagai
alat ukur satuan tidak baku untuk menentukan panjang dari lingkungan sekitar
· Mengenal, membuat dan menggunakan alat ukur satuan tak
baku untuk mengukur panjang misalnya lidi dengan panjang tertentu digunakan
sebagai satuan tak baku dalam pengukuran panjang
· Melaporkan hasil pengukuran dalam bentuk
tabel/kolom sederhana
·
Mengamati kembali simbol
ketiga Pancasila
·
menanggapi tentang ciri-ciri
simbol sila ketiga Pancasila yang disebutkan temannya
·
mengungkapkan perasaan ketika
kegiatan itu berlangsung berdasarkan pertanyaan guru
·
menuliskan kalimat ungkapan
pemberitahuan dan permintaan maaf di lingkungan sekolahku
·
menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan panjang benda
dengan satuan tidak baku
Subtema
4:
Bekerja
Sama Membersihkan Lingkungan (26 jam pelajaran)
·
mengamati teks tentang
kegiatan bekerja sama membersihkan lingkungan
·
Mengidentifikasi ungkapan petunjuk pada teks tentang
kegiatan bekerjasama membersihkan lingkungan
·
Mengucapkan ungkapan petunjuk pada teks dengan menggunakan
bahasa yang santun kepada orang lain
secara lisan dan tulis
·
Membuat daftar aturan yang
digunakan kegiatan bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah
·
menentukan benda di
lingkungan sekolah yang akan ditiru untuk dibuat karya, misalnya bola
·
menentukan bahan alam yang
akan digunakan untuk membuat bola
·
membuat karya tiga dimensi
dengan bahan alam
·
Membaca
teks berisi petunjuk penggunaan alat
·
Menggunakan ungkapan petunjuk
dengan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis
·
Mempraktikkan petunjuk dan peragaan berbagai gerak mengayunkan
tangan dari depan ke belakang, mengayunkan tangan ke samping, memutarkan
tangan melalui samping badan, menarik dan mendorong kedua tangan yang
akan dipelajari.
·
Menemukan ungkapan teks yang
berisi tentang petunjuk kegiatan
bekerjasama membersihkan lingkungan kelas
·
Menuliskan kalimat berisi
petunjuk kegiatan sesuai aturan dalam bekerjasama membersihkan lingkungan
· Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku, misalnya
melakukan percobaan mengukur berat benda dengan kelereng (berat sebuah batu
setara dengan berat 3 kelereng)
·
Menuliskan hasil pengukuran
berat benda tidak baku kedalam bentuk tabel / kolom sederhana
·
Bermain peran tentang ungkapan
pujian dengan bahasa yang
santun kepada orang lain secara lisan
dan tulis
·
Mempraktikkan berbagai variasi
pola gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor dan memberikan perintah sesuai
dengan gilirannya.
· Membuat karya kerajinan dari bahan alam dari tanah liat
·
Menceritakan hasil pembuatan
karya kerajinan dari bahan alam dari tanah
liat dengan santun dan percaya diri
·
Mengidentifikasi ungkapan
pada teks bacaan yang berisi pujian terhadap hasil kegiatan bekerjasama
membersihkan lingkungan
·
Menuliskan kalimat pujian
atas hasil kegiatan bekerjasama membersihkan lingkungan
· Mengidentifikasi benda-benda yang sesuai untuk
digunakan sebagai alat ukur satuan tak baku, misalnya mengukur berat buku
dengan menggunakan tangan sebagai alat ukur tak baku
· Membandingkan berat dua benda dengan ukuran tidak baku
( menggunakan tangan)
·
Menceritakan pengalaman
bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah secara lisan
·
Membuat aturan untuk kegiatan
bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah
·
Mempraktikkan memberi pujian
kepada teman yang rajin dalam bekerjasama membersihkan lingkungan kelas
·
Memecahkan masalah yang
berhubungan dengan berat benda dalam pengukuran tidak baku
·
Membandingkan berat dua benda
dengan alat ukur tidak baku
|
0 komentar:
Posting Komentar