Kamis, 16 Maret 2017

RPP tema 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan :  SDN JATISRONO
Kelas/Semester       :  1/2
Tema                      :  Pengalamanku (T5)
Sub Tema               :  Pengalaman Masa Kecil (ST1)
Pembelajaran ke     :  1, ( Selasa 3 januari 2017)
Alokasi waktu        :  1 Hari

A.    Kompetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru   atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4  Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam   bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.1  Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
            Mendengarkan cerita guru tentang pengalaman masa kecil
            Menceritakan secara lisan peristiwa masa kecil yang diingatnya
PPKn
            Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
            Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila
SBdP
            Membedakan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis
            Mengikuti irama lagu bertanda birama dua dengan menggunakan alat musik ritmis.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah menyimak cerita tentang pengalaman masa kecil, siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri dengan lancar.
2.    Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali hasil diskusi dengan lancar.
3.    Setelah menirukan bunyi Pancasila, siswa dapat menyebutkan sila-sila Pancasila dengan benar.
4.    Setelah mengamati gambar, siswa dapat memasangkan simbol-simbol dalam Pancasila dengan lengkap dan tepat.
5.    Setelah mendengarkan lagu Hari Merdeka, siswa dapat mengenal irama lagu bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis dengan benar.
6.    Setelah mendengarkan lagu Hari Merdeka, siswa dapat mengikuti pola irama lagu bertanda birama dua menggunakan alat musik ritmis dengan benar.

E.     Materi
Materi: simbol-simbol dalam Pancasila, lagu Hari Merdeka.
F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber:
       Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 semester 2 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 semester 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Media:
1.      Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI/MI dari JGC
2.      Software musik Lagu Hari merdeka dari JGC
3.      Gambar burung garuda Pancasila.
4.      10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam buku guru).
5.      Gambar-gambar berbagai alat musik.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan Pendahuluan

1.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
2.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.

10 menit
Kegiatan Inti

Bagian Pertama:
            Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu Bunda Piara.
            Siswa diajak membaca bersama-sama wacana yang terdapat pada buku siswa.
            Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan tentang lagu dan wacana pada buku siswa.
            Siswa diminta membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.
            Setiap kelompok menceritakan kembali hasil diskusi mereka.
            Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok.
            Siswa mengamati dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar burung garuda pada buku siswa.
            Siswa dan guru berdiskusi mengenai gambar burung garuda beserta simbol-simbolnya.
            Siswa diminta untuk mengucapkan Pancasila secara lantang dengan bimbingan guru.
            Guru menunjukkan bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.
            Siswa berlomba memasangkan simbol sila-sila dalam Pancasila secara berkelompok.
            Guru menyebutkan sila-sila dalam Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta untuk mencari simbol yang dimaksud.
            Peserta yang sudah mendapat giliran mundur ke barisan paling belakang, peserta di  barisan kedua maju untuk menjawab soal berikutnya, kelompok yang mampu mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.
            Siswa mengamati gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang bunyi dari sila pertama.
Bagian Kedua:
            Siswa dibimbing oleh guru untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka.
            Siswa mengajukan pertanyaan seputar lagu Hari Merdeka.
            Siswa membandingkan lagu yang diiringi alat musik dan yang dibacakan syairnya.
            Siswa menyebutkan alat-alat musik yang mereka ketahui.
            Guru menjelaskan tentang alat musik ritmis.
            Siswa memilih kartu bergambar alat musik ritmis.
            Siswa diminta untuk menyanyikan kembali lagu Hari Merdeka.
            Guru menjelaskan tanda birama dua pada musik.
            Siswa mempraktikkan lagu Hari Merdeka melalui penggunaan alat musik. Alat musik  dapat diganti dengan menggunakan peralatan dapur seperti panci, ember, dan botol kaca.
            Bagi siswa menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta menyanyikan lagu Hari Merdeka, kelompok lainnya mengiringi dengan alat musik.
            Lakukan hal tersebut di atas secara bergiliran.

150 menit
Kegiatan Penutup

1.      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
2.      Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
1)      Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
2)      Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

Kerja sama dengan orang tua: Orang tua diminta untuk membawakan foto siswa saat masa bayi atau balita ke sekolah. Orang tua diminta untuk menceritakan peristiwa yang terdapat pada foto yang akan dibawa ke sekolah, atau menceritakan peristiwa masa kecil yang menarik.


15 menit

I.       Penilaian
            Prosedur Penilaian
            Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
            Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
            Instrumen Penilaian
            Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.

            Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.

1 komentar:

  1. semangat...
    https://catatanbiruputih.blogspot.com/
    https://semogadimudahkan.blogspot.com/

    BalasHapus