Minggu, 05 Maret 2017

RPP Tema 6 St 2

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

 


Satuan Pendidikan      : SDN 4 JATISRONO
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                           :  Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema                    :  Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu          :  B Ind, PJOK
Pembelajaran ke          :  2
Alokasi waktu             :  1 hari



A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.8


Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang laindengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah

4.8

Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang laindengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah






Muatan: PJOK
No
Kompetensi dasar
3.5
Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5
Mempraktikkan berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam


C.    TUJUAN
  1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru, siswa mampu menunjukkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai yaitu berguling ke kanan/kiri dengan tepat.
  2. Melalui praktik siswa mampu melakukan gerakan berpindah tempat pada senam lantai yaitu berguling ke kanan/kiri dengan tepat.
  3. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
  4. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar  siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.

D.    MATERI
  1. Siswa dapat menyimak dan mempraktikkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai yaitu berguling ke kanan/kiri dengan tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi bacaan dengan tepat.
  3. Siswa dapat mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran siswa.
2.      Salah seorang siswa diminta memimpin doa.
3.      Guru mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yel-yel untuk mencairkan suasana.
4.      Guru menjelaskan kontrak belajar yang akan dilakukan hari ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari siswa.
5.      Salah seorang siswa diminta menjelaskan kembali kegiatan-kegiatan apa yang akan mereka lakukan selama pertemuan ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Berlatih
1.      Siswa dan guru ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah sambil membawa matras/alas senam lantai.
2.      Siswa melakukan gerakan pemanasan dengan panduan guru.
3.      Guru menyiapkan matras dan meletakkannya  di lantai.
4.      Siswa memerhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang gerak berguling ke samping kanan dan kiri serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
5.      Guru berbaring di atas matras dengan posisi badan terlentang dan tangan diletakkan lurus sejajar badan.
6.      Lalu guru menggulingkan badan ke kanan sampai ke tepi matras. Lalu berguling kembali ke kiri sampai ke tengah matras/ posisi semula.
7.      Setelah siswa siap melanjutkan pelajaran guru menanyakan apakah siswa suka membantu orang tua membersihkan rumah. Adakah di antara mereka yang bisa mengepel lantai.
8.      Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya.
9.      Lalu guru menunjukkan cara mengepel lantai seperti yang terdapat pada buku teks yang dilengkapi gambar.
10.  Guru menerangkan langkah-langkahnya sesuai dengan urutan gambarnya.
11.  Siswa diminta mencermati ungkapan petunjuk yang ada.
12.  Guru mengacak kembali urutan gambar tersebut.
13.  Guru meminta salah satu siswa maju ke depan kelas untuk mengurutkan gambar petunjuk cara mengepel lantai. Setelah selesai dicoba satu siswa lagi sampai seluruh siswa memahami petunjuk tersebut dan bisa menjelaskannya kembali.
14.  Guru menjelaskan ciri-ciri ungkapan petunjuk dan fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
15.  Setelah siswa memahami bagaimana cara mengurutkan cerita bergambar sesuai dengan kalimat petunjunya, guru meminta siswamengurutkan cerita gambar yang ada di lembar kerja pada buku paket. (LK dapat di foto kopi dan diperbesar agar memudahkan siswa mengguntingnya dan menyusunnya sesuai ungkapan petunjuknya.
16.  Siswa diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan LK tersebut.
17.  Setelah waktu yang diberikan habis, siswa diminta mengumpulkan hasil kerjanya.

Ayo Mencoba
1.      Guru bangkit dan meminta salah satu siswa maju untuk mempraktikkan gerakan yang baru dicontohkan guru.
2.      Guru memberikan aba-aba dengan peluit. Saat peluit pertama berbunyi siswa berguling ke kanan. Saat peluit dibunyikan kembali siswa berguling ke kiri sampai posisi semula. Dilanjutkan dengan siswa lain, sampai semua siswa mendapat giliran.
3.      Setelah semua siswa mendapat giliran, guru mengadakan adu cepat berguling,agar siswa lebih bersemangat.
4.      Matras dibagi menjadi 2 bagian dengan diitandai oleh garis di tengah matras (misalnya dengan lakban/isolasi).
5.      Lalu siswa dibagi 2 kelompok. Satu orang dari masing-masing kelompok diminta maju dan berbaring berdampingan di atas matras dengan di batas berlawanan (yang satu ke kanan, yang lain ke kiri) ke arah tepi matras. Siswa yang lebih dulu sampai di tepi matras, menjadi pemenangnya. Dilanjut dengan anggota kelompok lain
6.      Selesai berolahraga siswa mengucapkan syukur kepada Tuhan dan melanjutkan kegiatan berikutnya.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
3.      Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
4.      Guru memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikannya.
5.      Guru menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
6.      Guru juga memberikan reward kepada siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
7.      Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
8.      Salah satu siswa diminta memimpin doa.
9.      Guru mengucapkan salam penutup.

    15
    menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Software Pengajaran  kelas 1 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.      Gambar dari Google.com
4.      Video dari youtobe.com.
5.      Buku siswa.
6.      Matras/kasur
7.      Potongan cerita bergambar sebanyak 6 set
8.      Lembar kerja menyusun cerita bergambar


H.    PENILAIANPenilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

0 komentar:

Posting Komentar