Minggu, 05 Maret 2017

RPP tema 6 st 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

 


Satuan Pendidikan      : SDN  4 JATISRONO
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                           :  Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema                    :  Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu          :  B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.8

Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah

4.8

Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah


Muatan: PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.2 


2.2   
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah

Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah


      Muatan : SBdP
No
Kompetensi Dasar
3.2
Mengenal elemen musik melalui lagu

4.2
Menirukan elemen musik melalui lagu

C.    TUJUAN
  1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
  2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
  3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
  4. Melalui kegiatan wawancara  siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
  5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
  6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.

D.    MATERI
  1. Siswa dapat menjelaskan perbedaan keadaan rumah yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
  2. Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarnya.
  3. Siswa dapat mempraktikkan cara merapikan rumah dengan benar sesuai kemampuannya.
  4. Setelah mendengar dan mengamati, siswa dapat menghafal lirik lagu Si Nyamuk Nakal dengan tepat.
  5. Setelah mendengar dan mengamati contoh, siswa dapat menyanyikan lagu Si Nyamuk Nakal dengan nada tepat dan percaya diri.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru masuk ke dalam kelas sambil membawa beberapa peralatan kebersihan.
2.      Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas serta mengecek kehadiran siswa.
3.      Salah seorang siswa diminta memimpin doa.
4.      Guru mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan meneriakkan yel-yel untuk mencairkan suasana.
5.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan alat- alat yang dibawa dan  mengaitkannya dengan apa yang akan dipelajari. Beberapa siswa menjawab pertanyaan guru.
6.      Guru menjelaskan kontrak belajar yang akan dilakukan hari ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari siswa.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
1.       Siswa mengamati gambar dan bacaan yang ada pada buku siswa.
2.       Siswa mengikuti guru membaca  dengan  intonasi dan ejaan yang benar.
3.       Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.
4.       Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi bacaan.
5.       Beberapa siswa diminta menceritakan kembali isi teks dengan bahasa mereka sendiri
6.       Guru meminta siswa mengamati kembali teks  dan mencermati ungkapan petunjuk yang ada dalam  teks  tersebut.
7.       Siswa yang menemukan ungkapan petunjuk diminta menuliskannya di papan tulis secara bergantian.
8.       Guru meminta siswa membentuk kelas menjadi 6 kelompok.
9.       Kepada masing-masing kelompok guru memberikan 5  guntingan karton  yang masing-masing bertuliskan satu kalimat.  Tiga di antaranya adalah kalimat ungkapan petunjuk.
10.   Masing-masing kelompok diminta mencari mana di antara  5 kalimat tersebut yang merupakan kalimat ungkapan petunjuk.
11.   Setelah itu mereka diminta menyalin kalimat ungkapan petunjuk tersebut pada lembar tugas yang telah disiapkan
12.   Setelah semua kelompok selesai, masing-masing kelompok diminta membacakan kalimat-kalimat ungkapan petunjuk yang mereka temukan.
13.   Kemudian siswa diminta menentukan kalimat ungkapan petunjuk secara individu.

Ayo Berdiskusi
1.      Setelah semua kelompok maju, guru melanjutkan kegiatan dengan menunjukkan 2 gambar suasana rumah yang keadaan kebersihannya bertolak belakang (bersih><kotor).
2.      Guru meminta siswa mengamati gambar. Lalu siswa berpasangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait  keadaan yang mereka lihat tersebut. Pertanyaannya sebagai berikut:
a.       Menurut kalian, mengapa keadaan rumah pada kedua gambar tersebut berbeda?
b.      Apa yang harus dilakukan agar lingkungan rumah yang kotor menjadi bersih?
c.       Apa tugas kita sebagai anggota keluarga agar kebersihan rumah kita terjaga? 
3.      Pertanyaan dijawab satu demi satu. Setiap pertanyaan diberi waktu 5 menit untuk mendiskusikan jawabannya secara berpasangan.
4.      Setiap durasi  5 menit selesai, guru meminta beberapa pasangan menyampaikan jawaban hasil diskusi untuk satu pertanyaan. Guru  mencatat jawaban-jawaban siswa di papan tulis dengan bahasa yang singkat dan mudah difahami. Setelah mendengarkan jawaban-jawaban siswa,  guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap jawaban-jawaban siswa sehingga difahami dengan benar.
5.      Begitu pula untuk pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
6.      Setelah semua pertanyaan selesai dibahas, guru  meminta siswa mendata aturan-aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan  di lingkungan rumah masing-masing dengan mewawancarai teman pasangannya. Hasil wawancara ditulis dalam tabel pada lembar kerja yang telah disiapkan. Untuk tugas ini siswa diberi waktu 15 menit.

Ayo Bernyanyi
1.      Setelah waktunya habis, siswa  diajak menyimak sebuah lagu terkait lingkungan rumahku.
2.      Melalui lagu tersebut siswa diperkenalkan tentang bunyi kuat dan bunyi lemah.
3.      Guru menunjukkan perbedaan bunyi kuat dan bunyi lemah dengan beberapa cara:
a.       melalui suara
b.      dengan tepukan,
c.       dengan memainkan instrumen musik ritmis atau peluit.
4.      Siswa menirukan apa yang dicontohkan oleh guru baik bersama-sama, berkelompok, maupun sendiri-sendiri

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.
2.      Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
3.      Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
4.      Guru memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikannya.
5.      Guru menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
6.      Guru juga memberikan reward kepada siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
7.      Sebelum berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
8.      Salah satu siswa diminta memimpin doa.
9.      Guru mengucapkan salam penutup.
    15
    menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 1
2.      Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Gambar dari Google.com
4.      Video dari youtobe.com.
5.      Gambar keadaan rumah yang kontradiktif, yang satu bersih dan yang satu kotor
6.      Alat musik ritmis (misalnya: triangle, tempurung kelapa, maracas, dan lain-lain)



H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

0 komentar:

Posting Komentar