RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN 4
JATISRONO
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Lingkungan Bersih, Sehat, dan
Asri (Tema 6)
Sub Tema : Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
B Ind, PJOK
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.8
|
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang
laindengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat
dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
4.8
|
Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada
orang laindengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang
dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
Muatan: PJOK
No
|
Kompetensi dasar
|
3.5
|
Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam lantai
|
4.5
|
Mempraktikkan berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam
aktivitas senam
|
C.
TUJUAN
- Dengan
menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru, siswa mampu
menunjukkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai yaitu berguling ke
kanan/kiri dengan tepat.
- Melalui
praktik siswa mampu melakukan gerakan berpindah tempat pada senam lantai
yaitu berguling ke kanan/kiri dengan tepat.
- Melalui
tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
- Menggunakan
potongan-potongan cerita bergambar
siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan
petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
D. MATERI
- Siswa dapat menyimak dan mempraktikkan gerakan
berpindah tempat dalam senam lantai yaitu berguling ke kanan/kiri dengan
tepat
- Siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan
sesuai isi bacaan dengan tepat.
- Siswa dapat mengurutkan suatu
kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan
cerita.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas serta
mengecek kehadiran siswa.
2.
Salah seorang siswa diminta memimpin doa.
3.
Guru mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan
meneriakkan yel-yel untuk mencairkan suasana.
4.
Guru menjelaskan kontrak belajar yang akan
dilakukan hari ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari siswa.
5.
Salah seorang siswa diminta menjelaskan kembali
kegiatan-kegiatan apa yang akan mereka lakukan selama pertemuan ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Berlatih
1.
Siswa dan guru ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan
olahraga sekolah sambil membawa matras/alas senam lantai.
2.
Siswa melakukan gerakan pemanasan dengan panduan
guru.
3.
Guru menyiapkan matras dan meletakkannya di lantai.
4.
Siswa memerhatikan penjelasan dan peragaan guru
tentang gerak berguling ke samping kanan dan kiri serta manfaatnya bagi
kesehatan tubuh.
5.
Guru berbaring di atas matras dengan posisi
badan terlentang dan tangan diletakkan lurus sejajar badan.
6.
Lalu guru menggulingkan badan ke kanan sampai ke
tepi matras. Lalu
berguling kembali ke kiri
sampai ke tengah matras/ posisi semula.
![]()
7.
Setelah siswa siap melanjutkan pelajaran guru
menanyakan apakah siswa suka membantu orang tua membersihkan rumah. Adakah di
antara mereka yang bisa mengepel lantai.
8.
Beberapa siswa diberi kesempatan untuk
menyampaikan pengalamannya.
9.
Lalu guru menunjukkan cara mengepel lantai
seperti yang terdapat pada buku teks yang dilengkapi gambar.
![]()
10. Guru menerangkan
langkah-langkahnya sesuai dengan urutan gambarnya.
11. Siswa diminta
mencermati ungkapan petunjuk yang ada.
12. Guru mengacak
kembali urutan gambar tersebut.
13. Guru meminta salah
satu siswa maju ke depan kelas untuk mengurutkan gambar petunjuk cara mengepel
lantai. Setelah selesai dicoba satu siswa lagi sampai seluruh siswa memahami
petunjuk tersebut dan bisa menjelaskannya kembali.
![]()
14. Guru menjelaskan
ciri-ciri ungkapan petunjuk dan fungsinya dalam komunikasi sehari-hari.
15. Setelah siswa
memahami bagaimana cara mengurutkan cerita bergambar sesuai dengan kalimat
petunjunya, guru meminta siswamengurutkan cerita gambar yang ada di lembar
kerja pada buku paket. (LK dapat di foto kopi dan diperbesar agar memudahkan
siswa mengguntingnya dan menyusunnya sesuai ungkapan petunjuknya.
![]()
16. Siswa diberi waktu
15 menit untuk mengerjakan LK tersebut.
17. Setelah waktu yang
diberikan habis, siswa diminta mengumpulkan hasil kerjanya.
![]()
Ayo Mencoba
1.
Guru bangkit dan meminta salah satu siswa maju
untuk mempraktikkan gerakan yang baru dicontohkan guru.
2.
Guru memberikan aba-aba dengan peluit. Saat
peluit pertama berbunyi siswa berguling ke kanan. Saat peluit dibunyikan
kembali siswa berguling ke kiri sampai posisi semula. Dilanjutkan dengan siswa lain, sampai semua siswa mendapat giliran.
3.
Setelah semua siswa mendapat giliran, guru
mengadakan adu cepat berguling,agar siswa lebih bersemangat.
4.
Matras dibagi menjadi 2 bagian dengan diitandai
oleh garis di tengah matras (misalnya dengan lakban/isolasi).
5.
Lalu siswa dibagi 2 kelompok. Satu orang dari
masing-masing kelompok diminta maju dan berbaring berdampingan di atas matras
dengan di batas berlawanan (yang satu ke kanan, yang lain ke kiri) ke arah
tepi matras. Siswa yang lebih dulu sampai di tepi matras, menjadi
pemenangnya. Dilanjut dengan anggota kelompok lain
6.
Selesai berolahraga siswa mengucapkan syukur
kepada Tuhan dan melanjutkan kegiatan berikutnya.
![]() |
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Sebagai
penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh
kegiatan.
2. Siswa
bergantian merespon pertanyaan guru.
3. Siswa
juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka
rasakan.
4. Guru
memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikannya.
5. Guru
menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan
belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki
kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
6. Guru
juga memberikan reward kepada siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif
menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
7. Sebelum
berdoa guru mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
8. Salah
satu siswa diminta memimpin doa.
9. Guru
mengucapkan salam penutup.
|
15
menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 1 dan
Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.
Software Pengajaran kelas 1 semester 2 SD/MI dari JGC.
3.
Gambar dari Google.com
4.
Video dari youtobe.com.
5.
Buku siswa.
6.
Matras/kasur
7.
Potongan cerita bergambar sebanyak 6 set
8.
Lembar kerja menyusun cerita bergambar
H.
PENILAIANPenilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
0 komentar:
Posting Komentar