RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SDN 4 JATISRONO
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Lingkungan Bersih, Sehat, dan
Asri (Tema 6)
Sub Tema : Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.8
|
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan
pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang
lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang
dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
4.8
|
Mempraktikkan ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong,
dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada
orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan
yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah
|
Muatan: PPKn
No
|
Kompetensi Dasar
|
1.2
2.2
|
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2
|
Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi Dasar
|
3.2
|
Mengenal elemen musik melalui lagu
|
4.2
|
Menirukan elemen musik melalui lagu
|
C.
TUJUAN
- Melalui
kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan
petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
- Dengan
mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang
ada di dalam teks dengan tepat.
- Melalui
kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di
rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
- Melalui
kegiatan wawancara siswa mampu
mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan
di rumah.
- Dengan
menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah
bunyi dalam sebuah lagu.
- Dengan
menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah
bunyi dalam sebuah lagu.
D. MATERI
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan keadaan
rumah yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
- Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang
didengarnya.
- Siswa dapat mempraktikkan cara merapikan rumah
dengan benar sesuai kemampuannya.
- Setelah mendengar dan mengamati,
siswa dapat menghafal lirik lagu Si Nyamuk Nakal
dengan tepat.
- Setelah
mendengar dan mengamati contoh, siswa dapat
menyanyikan lagu Si Nyamuk Nakal dengan nada tepat dan percaya diri.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru masuk ke dalam kelas sambil membawa
beberapa peralatan kebersihan.
2.
Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas serta
mengecek kehadiran siswa.
3.
Salah seorang siswa diminta memimpin doa.
4.
Guru mengajak siswa melakukan tepuk semangat dan
meneriakkan yel-yel untuk mencairkan suasana.
5.
Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang
berhubungan dengan alat- alat yang dibawa dan mengaitkannya dengan apa yang akan
dipelajari. Beberapa siswa menjawab pertanyaan guru.
6.
Guru menjelaskan kontrak belajar yang akan
dilakukan hari ini serta hal-hal apa saja yang diharapkan dari siswa.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati
gambar dan bacaan yang ada pada buku siswa.
2. Siswa mengikuti
guru membaca dengan intonasi dan ejaan yang benar.
3. Siswa membaca
wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.
4. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi bacaan.
5. Beberapa siswa
diminta menceritakan kembali isi teks dengan bahasa mereka sendiri
6. Guru meminta siswa
mengamati kembali teks dan mencermati
ungkapan petunjuk yang ada dalam
teks tersebut.
![]()
7. Siswa yang
menemukan ungkapan petunjuk diminta menuliskannya di papan tulis secara
bergantian.
![]()
8. Guru meminta siswa
membentuk kelas menjadi 6 kelompok.
9. Kepada
masing-masing kelompok guru memberikan 5
guntingan karton yang
masing-masing bertuliskan satu kalimat.
Tiga di antaranya adalah kalimat ungkapan petunjuk.
10. Masing-masing
kelompok diminta mencari mana di antara
5 kalimat tersebut yang merupakan kalimat ungkapan petunjuk.
11. Setelah itu mereka
diminta menyalin kalimat ungkapan petunjuk tersebut pada lembar tugas yang
telah disiapkan
12. Setelah semua
kelompok selesai, masing-masing kelompok diminta membacakan kalimat-kalimat
ungkapan petunjuk yang mereka temukan.
13. Kemudian siswa
diminta menentukan kalimat ungkapan petunjuk secara individu.
![]()
Ayo Berdiskusi
1.
Setelah semua kelompok maju, guru melanjutkan
kegiatan dengan menunjukkan 2 gambar suasana rumah yang keadaan kebersihannya
bertolak belakang (bersih><kotor).
2.
Guru meminta siswa mengamati gambar. Lalu siswa
berpasangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait keadaan yang mereka lihat tersebut.
Pertanyaannya sebagai berikut:
a.
Menurut kalian, mengapa keadaan rumah pada kedua
gambar tersebut berbeda?
b.
Apa yang harus dilakukan agar lingkungan rumah
yang kotor menjadi bersih?
c.
Apa tugas kita sebagai anggota keluarga agar
kebersihan rumah kita terjaga?
3.
Pertanyaan dijawab satu demi satu. Setiap
pertanyaan diberi waktu 5 menit untuk mendiskusikan jawabannya secara
berpasangan.
![]()
4.
Setiap durasi
5 menit selesai, guru meminta beberapa pasangan menyampaikan jawaban
hasil diskusi untuk satu pertanyaan. Guru
mencatat jawaban-jawaban siswa di papan tulis dengan bahasa yang
singkat dan mudah difahami. Setelah mendengarkan jawaban-jawaban siswa, guru memberikan konfirmasi dan penguatan
terhadap jawaban-jawaban siswa sehingga difahami dengan benar.
5.
Begitu pula untuk pertanyaan-pertanyaan
berikutnya.
6.
Setelah semua pertanyaan selesai dibahas,
guru meminta siswa mendata
aturan-aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing dengan
mewawancarai teman pasangannya. Hasil wawancara ditulis dalam tabel pada
lembar kerja yang telah disiapkan. Untuk tugas ini siswa diberi waktu 15 menit.
![]()
Ayo Bernyanyi
1.
Setelah waktunya habis, siswa diajak menyimak sebuah lagu terkait
lingkungan rumahku.
![]()
2.
Melalui lagu tersebut siswa diperkenalkan
tentang bunyi kuat dan bunyi lemah.
3.
Guru menunjukkan perbedaan bunyi kuat dan bunyi
lemah dengan beberapa cara:
a.
melalui suara
b.
dengan tepukan,
c.
dengan memainkan instrumen musik ritmis atau
peluit.
4.
Siswa menirukan apa yang dicontohkan oleh guru
baik bersama-sama, berkelompok, maupun sendiri-sendiri
![]() |
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Sebagai
penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh
kegiatan.
2. Siswa
bergantian merespon pertanyaan guru.
3. Siswa
juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka
rasakan.
4. Guru
memberi kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikannya.
5. Guru
menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan evaluasi selama kegiatan
belajar berlangsung baik catatan positif maupun negatif, agar siswa memiliki
kepedulian terhadap hal-hal tersebut.
6. Guru
juga memberikan reward kepada siswa yang menunjukkan sikap-sikap positif
menonjol agar menjadi contoh buat siswa lain.
7. Sebelum berdoa guru
mengingatkan tentang hal-hal yang harus dilakukan di rumah.
8. Salah satu siswa
diminta memimpin doa.
9. Guru mengucapkan
salam penutup.
|
15
menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 1
2.
Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
3.
Gambar dari Google.com
4.
Video dari youtobe.com.
5.
Gambar keadaan rumah yang
kontradiktif, yang satu bersih dan yang satu kotor
6.
Alat musik ritmis (misalnya: triangle,
tempurung kelapa, maracas, dan lain-lain)
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
0 komentar:
Posting Komentar